Jumat, 12 November 2010

MGMP

Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

Dalam meningkatkan kemampuan profesionalime guru, tidak terlepas dari peran Dinas Pendidikan dan K3M (Kelompok Kerja Kepala Madrasah) dalam upaya menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam upaya peningkatan profesioanlisme guru, kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya ; seminar, lokakarya, penataran dan sebagainya.

Salah satu kegiatan yang selama ini dianggap efektif adalah melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), yang mana dalam kegiatan ini guru yang berasal dari satu rumpun (bidang studi) berkumpul untuk mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang studi yang sama.
Dalam kaitannya dengan permasalahan di atas, Bahtiar Hasan (2002:32), mendefinisikan MGMP sebagai berikut : “Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Pemantapan Kerja Guru adalah salah satu sistem penataran guru dengan pola dari, oleh dan untuk guru”.
Dari pendapat di atas jelas bahwa MGMP adalah salah satu bentuk penataran yang dilakukan oleh guru dengan pola yang dibuat oleh guru yang bersangkutan dan sekaligus mereka sebagai peserta.
Lebih jauh manfaat MGMP dikemukakan oleh Dian Mulyati Syarfi dalam Makalah Workshop TOT MGMP (2005:15), sebagai berikut:
  1. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru dikelas.
  2. Di MGMP guru dengan gaya mengajar yang berbeda dan menghadapi siswa yang juga berbeda dapat berdiskusi, berbagi pengalaman dan mencari solusi permasalahan yang dihadapinya di kelas.
  3. Program MGMP dirancang sesuai dengan kebutuhan guru mata pelajaran dan juga disesuaikan dengan paradigma baru dibidang pendidikan.

Selanjutnya Dian Mulyati Syarif (2005 :16-18) mengemukakan tentang langkah-langkah dalam mendirikan MGMP. Langkah-langkah tersebut adalah :
1. Tetapkan terlebih dahulu :
  • Kerangka Anggaran Dasar MGMP
  • Nama Organisasi , Tempat kedudukan
  • Dasar, Tujuan, Bentuk Kegiatan
  • Keanggotaan dan Kepengurusan
  • Hak dan Kewajiban Anggota dan Pengurus
  • Pendanaan
  • Mengumpulkan guru mata pelajaran dengan bantuan kepala Dinas Pendidikan Kota
  • Memilih pengurus melalui musyawarah dan menentukan letak secretariat
  • Merancang kegiatan dan program kerja MGMP
  • Mencari informasi dari berbagai sumber dan mengembangkannya di MGMP
  • Mendata/Mencari dukungan dana dengan mengajukan proposal
  • Membuat program monitoring dan evaluasi kerja dan pelaporan

2. Buat Rancangan Kegiatan
a. Melakukan reformulasi pembelajaran melalui model-model pembelajaran yang variatif seperti:
  • Mempersiapkan Program Pengajaran dan mendiskusikan strategi alternatif pembelajaran yang efektif
  • Merancang pengembangan silabus penilaian sesuai dengan paradigma baru Pendidikan
  • Merancang Lembaran Kegiatan Ilmiah untuk tiap kompetensi dasar
  • Mendiskusikan penggunaan media pembelajaran yang tepat
b. Mendiskusikan kesulitan kesulitan yang dihadapi dalam KBM di kelas yaitu:
  • Menampung permasalahan
  • Mendiskusikan solusinya
c. Menampung Action Research guru, dan menyediakan jadwal presentasi
d. Sosialisasi pembaharuan yang didapat oleh guru yang mengikuti penataran tingkat nasional maupun tingkat provinsi.
e. Memperluas wawasan guru dengan mendatangkan nara sumber, studi banding.

Apabila dicermati lebih jauh tentang konsep MGMP di atas, nampak bahwa Musyawarah Guru Mata Pelajaran pada hakikatnya adalah peningkatan kemampuan kerja yang dalam istilah manajemen lebih dikenal dengan istilah Program Pendidikan dan Latihan.
Agar tujuan MGMP dapat dicapai, berbagai langkah perlu ditempuh dalam menentukan bentuk dan proses MGMP, hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Marwansyah dan Mukaram (2000 : 67) bahwa proses pendidikan dan latihan hendaknya dilaksanakan dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Penentuan kebutuhan pendidikan dan latihan atau suatu penilaian keutuhan yang komprahensif.
  2. Penetapan tujuan yang bersifat umum dan spesifik.
  3. Pemilihan metode.
  4. Pemilihan media.
  5. Implementasi program.
  6. Evaluasi program.
Hal inilah yang ingin diupayakan oleh forum interaksi kepala madrasah kecamatan Paciran. Berikut dokumen foto kegiatan MGMP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar